Jarum Perjuangan Republik Indonesia
A. RASIONAL
Komponen media pembelajaran merupakan komponen
penunjang dalam kurikulum. Media pembelajaran diartikan sebagai segala jenis
sarana yang dapat diindra yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk
meningkatkan efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran. dapat dikatakan
bahwa media pembelajaran merupakan bagian integral dari pembelajaran yang
bertumpu pada tujuan, materi, pendekatan, metode dan evaluasi. Menurut Rustaman
: 2003, “Penggunaan media secara kreatif memungkinkan siswa untuk belajar lebih
banyak, mencamkan pembelajaran yang dipelajarinya lebih baik dan meningkatkan
performance siswa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai”.
Melihat pentingnya penggunaan media sebagai
alat yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, sudah selayaknya guru selalu menggunakan media ketika mengajar, agar siswa lebih tertarik dan pembelajaran menjadi variatif. Selain itu, melalui media pembelajaran, materi yang dianggap sulit dipahami akan menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa, materi yang abstrak akan menjadi lebih konkret walaupun media itu sederhana.
alat yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, sudah selayaknya guru selalu menggunakan media ketika mengajar, agar siswa lebih tertarik dan pembelajaran menjadi variatif. Selain itu, melalui media pembelajaran, materi yang dianggap sulit dipahami akan menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa, materi yang abstrak akan menjadi lebih konkret walaupun media itu sederhana.
B. TUJUAN
Mengingat pelajaran IPS merupakan pelajaran yang
berhubungan erat dengan kehidupan social siswa, maka banyak sekali materi yang
bisa disampaikan melalui media. Selain itu pelajaran IPS juga terdapat materi
yang kita sebagai guru bingung untuk mengkontekstualkan atau menggambarkan
materi dengan kehidupan sehari-hari siswa, seperti Sejarah. Sejarah merupakan
kejadian masa lampau yang memberikan banyak pelajaran bagi kita. Sejarah tidak
lagi berbentuk fisik, tetapi sudah berbentuk cerita, dan apabila sejarah hanya
disampaikan melalui cerita saja rasanya akan membosankan.
Untuk itu penulis mencoba merancang sebuah media
pembelajaran untuk materi IPS yaitu mengenai menghargai peranan dan peranan
tokoh dalam memproklamasikann kemerdekaan RI. Karena sesuai dengan pepatah
bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat menghargai para pahlawannya.
Untuk itu penulis ingin memudahkan siswa-siswa dalam memahami dan menghargai peranan
dan peranan para pahlawan yang memproklamasikan kemerdekaan negaranya sendiri. Adapun
tujuan yang ingin dicapai ialah :
Setelah guru menerangkan materi menggunakan media,
a. Siswa
dapat mempelajari dengan mudah peranan dan peranan 8 tokoh proklamasi
kemerdekaan RI.
b. Siswa
dapat menghargai peranan dan peranan 8 tokoh proklamasi kemerdekaan RI.
c. Siswa
dapat menanamkan nilai-nilai positif dari para tokoh proklamasi kemerdekaan RI
C. GAMBAR DAN DESKRIPSI MEDIA
PEMBELAJARAN
Media pembelajaran ini bernama “Jarum Perjuangan Republik Indonesia”. Sesuai dengan namanya media
ini berisikan mengenai para tokoh pejuang RI dalam memproklamasikan
kemerdekaannya. Materi ini terdapat di sekolah dasar kelas 5 semester 2. Media
ini berbentuk lingkaran yang menyerupai piringan yang dapat diputar dan
terdapat jarum jam untuk menunjuk kearah salah satu tokoh, terdapat 8 gambar
para tokoh. Dan ketika jarum itu menunjuk ke salah satu gambar tokoh maka akan
muncul peranan dan sifat dari tokoh tersebut pada piringan yang dapat diputar
tersebut.
Dalam membuat media ini alat dan bahan yang
diperlukan ialah :
1. 1
lembar kertas hardplek
2. 2
lembar kertas karton berwarna merah dan putih
3. Lem
kayu
4. Gunting
dan cutter
5. Mistar
6. Spidol
hitam dan pensil
7. Jangka
(bisa menggunakan tutup ember berbentuk lingkaran besar dan kecil)
8. Paku
payung
Cara
membuat :
1. Buatlah
gambar lingkaran besar dan kecil masing-masing berdiameter kurang lebih 40cm
dan 30 cm menggunakan jangka, bisa juga menggunakan tutup ember yang ukurannya
hampir 40cm dan 30cm, lalu gunting kedua lingkaran tersebut.
2. Lapisi
kedua lingkaran tersebut dengan kertas karton, merah untuk lingkaran yang
besar, putih untuk yang kecil.
3. Di
dalam lingkaran besar, gambarlah sebuah lingkaran yang
ukuranny sama dengan lingkaran
kecil, dan tempelkan karton
putih, kemudian bagi menjadi 8
bagian sama besar dan tebalkan
garisnya,
|
5. Siapkan
9 gambar tokoh perjuangan yang telah diprint dan digunting, diantaranya
Ir.Soekarno, Drs.Moh.Hatta, Achmad Soebardjo, Fatmawati, Sukarni, Laksamana
Tadashi Maeda, Sayuti Melik, Latif Hendraningrat dan S.Suhud. lalu tempelkan di
pinggir lingkaran merah sesuai kotak yang sudah dibagi 8 tadi. Pastikan tokoh
Latif Hendraningrat dan S.Suhud ditempel berdampingan.
6. Tuliskan peranan dan
sifat dari para tokoh di kolom
lingkaran kecil yang berada di
dalam lingkaran besar sesuai
dengan posisi gambar tokoh.
Pastikan tulisan pas dengan
lubang yang telah
dibuat di lingkaran putih kecil.
7. Lubangi
tengahnya dari kedua lingkaran tersebut dan tempatkan lingkaran putih kecil di
atas lingkaran merah besar, pasangkan menggunakan paku payung, Pastikan
pemasangan kedua lingkaran tersebut tidak terlalu rapat sehingga memungkinkan
lingkaran kecil mampu diputar-putar seperti piringan, sematkan sedikit kertas
hardplek untuk menempelkan paku payung agar tidak terlepas .
8. Sabagai
tambahan buatlah kertas berbentuk bendera Indonesia 25cx15cm, isi bendera
tersebut dengan Mengenang Dan Menghormat
Peranan Para Tokoh Proklamasi Kemerdekaan. Lalu tempelkan dibagian belakang
media.
Cara menggunakan media ini tidak sulit. Tidak
diperlukan alat atau bahan lain lagi ketika menggunakannya. Media ini digunakan
bisa dipegang oleh guru atau digantung dipapan tulis. Guru terlebih dahulu
menjelaskan mengenai media ini, lalu tunjukan pada siswa bahwa kita harus
memutar lingkaran putih kecil dan ketika berhenti jarum nya akan menunjuk pada
salah satu gambar tokoh perjuangan, dan bersamaan dengan itu akan nampak peran
dan sifat dari tokoh tersebut yang harus kita pahami dan kita banggakan.
Lalukan hal tersebut sampai jarum menunjuk semua tokoh. Tak lupa tunjukan
kepada siswa cara menghargai dan menghormati peranan para tokoh yang terdapat di
belakang media.
Untuk dibuatkan permainan agar siswa lebih memahami
peran para tokoh maka buatkan papan kecil dari sisa kertas hardplek yang
ukurannya sama dengan lubang di lingkaran putih kecil, gunanya ialah ketika
siswa yang kebagian memutar piringan dan jarum berhenti di salah seorang tokoh
siswa tersebut harus menyebutkannya tanpa melihat isi yang ada di lubang.
Barulah ketika selesai dijawab papan tersebut dibuka, dan jawabannya disamakan
dengan catatan yang ada di lingkaran. Lakukan kegiatan ini dengan suasana
santai dan menyenangkan, agar anak bisa memahami materi yang disampaikan
melalui media ini dengan baik dan benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar