Free Blue Glitter Busy Cursors at www.totallyfreecursors.com
Regiena Dwi Sinta (Ice^_^Red): JARUM PERJUANGAN RI

Minggu, 17 Juni 2012

JARUM PERJUANGAN RI


Media Pembelajaran
Jarum Perjuangan Republik Indonesia

      A.    RASIONAL
Komponen media pembelajaran merupakan komponen penunjang dalam kurikulum. Media pembelajaran diartikan sebagai segala jenis sarana yang dapat diindra yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran. dapat dikatakan bahwa media pembelajaran merupakan bagian integral dari pembelajaran yang bertumpu pada tujuan, materi, pendekatan, metode dan evaluasi. Menurut Rustaman : 2003, “Penggunaan media secara kreatif memungkinkan siswa untuk belajar lebih banyak, mencamkan pembelajaran yang dipelajarinya lebih baik dan meningkatkan performance siswa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai”.
Melihat pentingnya penggunaan media sebagai
alat yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, sudah selayaknya guru selalu menggunakan media ketika mengajar, agar siswa lebih tertarik dan pembelajaran menjadi variatif. Selain itu, melalui media pembelajaran, materi yang dianggap sulit dipahami akan menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa, materi yang abstrak akan menjadi lebih konkret walaupun media itu sederhana.

     B.     TUJUAN
Mengingat pelajaran IPS merupakan pelajaran yang berhubungan erat dengan kehidupan social siswa, maka banyak sekali materi yang bisa disampaikan melalui media. Selain itu pelajaran IPS juga terdapat materi yang kita sebagai guru bingung untuk mengkontekstualkan atau menggambarkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa, seperti Sejarah. Sejarah merupakan kejadian masa lampau yang memberikan banyak pelajaran bagi kita. Sejarah tidak lagi berbentuk fisik, tetapi sudah berbentuk cerita, dan apabila sejarah hanya disampaikan melalui cerita saja rasanya akan membosankan.
Untuk itu penulis mencoba merancang sebuah media pembelajaran untuk materi IPS yaitu mengenai menghargai peranan dan peranan tokoh dalam memproklamasikann kemerdekaan RI. Karena sesuai dengan pepatah bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat menghargai para pahlawannya. Untuk itu penulis ingin memudahkan siswa-siswa dalam memahami dan menghargai peranan dan peranan para pahlawan yang memproklamasikan kemerdekaan negaranya sendiri. Adapun tujuan yang ingin dicapai ialah :
Setelah guru menerangkan materi menggunakan media,
a.       Siswa dapat mempelajari dengan mudah peranan dan peranan 8 tokoh proklamasi kemerdekaan RI.
b.      Siswa dapat menghargai peranan dan peranan 8 tokoh proklamasi kemerdekaan RI.
c.       Siswa dapat menanamkan nilai-nilai positif dari para tokoh proklamasi kemerdekaan RI

     C.    GAMBAR DAN DESKRIPSI MEDIA PEMBELAJARAN
Media pembelajaran ini bernama “Jarum Perjuangan Republik Indonesia”. Sesuai dengan namanya media ini berisikan mengenai para tokoh pejuang RI dalam memproklamasikan kemerdekaannya. Materi ini terdapat di sekolah dasar kelas 5 semester 2. Media ini berbentuk lingkaran yang menyerupai piringan yang dapat diputar dan terdapat jarum jam untuk menunjuk kearah salah satu tokoh, terdapat 8 gambar para tokoh. Dan ketika jarum itu menunjuk ke salah satu gambar tokoh maka akan muncul peranan dan sifat dari tokoh tersebut pada piringan yang dapat diputar tersebut.
Dalam membuat media ini alat dan bahan yang diperlukan ialah :
1.      1 lembar kertas hardplek
2.      2 lembar kertas karton berwarna merah dan putih
3.      Lem kayu
4.      Gunting dan cutter
5.      Mistar
6.      Spidol hitam dan pensil
7.      Jangka (bisa menggunakan tutup ember berbentuk lingkaran besar dan kecil)
8.      Paku payung
Cara membuat :
1.      Buatlah gambar lingkaran besar dan kecil masing-masing berdiameter kurang lebih 40cm dan 30 cm menggunakan jangka, bisa juga menggunakan tutup ember yang ukurannya hampir 40cm dan 30cm, lalu gunting kedua lingkaran tersebut.
2.      Lapisi kedua lingkaran tersebut dengan kertas karton, merah untuk lingkaran yang besar, putih untuk yang kecil.
3.      Di dalam lingkaran besar, gambarlah    sebuah lingkaran yang ukuranny  sama dengan lingkaran kecil, dan tempelkan karton putih, kemudian bagi menjadi 8 bagian sama besar dan tebalkan garisnya,
         
    

4.      Buat 2 lubang pada lingkaran putih kecil sesuaikan dengan lingkaran kecil yang terdapat didalam lingkaran merah besar, lubang itu bertujuan untuk menunjukan peranan dan sifat dar tokoh.Dan    buatkan sebuah jarum jam menggunakan karton merah lalu tempel diatas lubang peranan
5.  Siapkan 9 gambar tokoh perjuangan yang telah diprint dan digunting, diantaranya Ir.Soekarno, Drs.Moh.Hatta, Achmad Soebardjo, Fatmawati, Sukarni, Laksamana Tadashi Maeda, Sayuti Melik, Latif Hendraningrat dan S.Suhud. lalu tempelkan di pinggir lingkaran merah sesuai kotak yang sudah dibagi 8 tadi. Pastikan tokoh Latif Hendraningrat dan S.Suhud ditempel berdampingan.
6. Tuliskan peranan dan sifat dari para tokoh di kolom lingkaran kecil yang berada di dalam                                     lingkaran besar sesuai dengan   posisi gambar tokoh. Pastikan tulisan pas dengan lubang yang telah dibuat di lingkaran putih kecil.
7.  Lubangi tengahnya dari kedua lingkaran tersebut dan tempatkan lingkaran putih kecil di atas lingkaran merah besar, pasangkan menggunakan paku payung, Pastikan pemasangan kedua lingkaran tersebut tidak terlalu rapat sehingga memungkinkan lingkaran kecil mampu diputar-putar seperti piringan, sematkan sedikit kertas hardplek untuk menempelkan paku payung agar tidak terlepas .
8.      Sabagai tambahan buatlah kertas berbentuk bendera Indonesia 25cx15cm, isi bendera tersebut dengan  Mengenang Dan Menghormat Peranan Para Tokoh Proklamasi Kemerdekaan. Lalu tempelkan dibagian belakang media.
Cara menggunakan media ini tidak sulit. Tidak diperlukan alat atau bahan lain lagi ketika menggunakannya. Media ini digunakan bisa dipegang oleh guru atau digantung dipapan tulis. Guru terlebih dahulu menjelaskan mengenai media ini, lalu tunjukan pada siswa bahwa kita harus memutar lingkaran putih kecil dan ketika berhenti jarum nya akan menunjuk pada salah satu gambar tokoh perjuangan, dan bersamaan dengan itu akan nampak peran dan sifat dari tokoh tersebut yang harus kita pahami dan kita banggakan. Lalukan hal tersebut sampai jarum menunjuk semua tokoh. Tak lupa tunjukan kepada siswa cara menghargai dan menghormati peranan para tokoh yang terdapat di belakang media.
Untuk dibuatkan permainan agar siswa lebih memahami peran para tokoh maka buatkan papan kecil dari sisa kertas hardplek yang ukurannya sama dengan lubang di lingkaran putih kecil, gunanya ialah ketika siswa yang kebagian memutar piringan dan jarum berhenti di salah seorang tokoh siswa tersebut harus menyebutkannya tanpa melihat isi yang ada di lubang. Barulah ketika selesai dijawab papan tersebut dibuka, dan jawabannya disamakan dengan catatan yang ada di lingkaran. Lakukan kegiatan ini dengan suasana santai dan menyenangkan, agar anak bisa memahami materi yang disampaikan melalui media ini dengan baik dan benar.
   




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar