Free Blue Glitter Busy Cursors at www.totallyfreecursors.com
Regiena Dwi Sinta (Ice^_^Red): Media Pembelajaran

Selasa, 27 Desember 2011

Media Pembelajaran


MAGIC DISC MATEMATIKA

Nama Media               : Magic Disc Matematika
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : 6 (Enam)/1
Alat dan Bahan           :
Ø  1 lembar kertas hardpleks
Ø  3 lembar kertas asturo beda warna
Ø  Gunting
Ø  Spidol
Ø  Penggaris
Ø  Paku payung
Ø  Cutter
Ø  Jangka
Ø  Doubletip
Ø  Tang
Ø  6 kardus kecil
A.    Proses Pembuatan
1.       Buatlah gambar lingkaran besar dan kecil di kertas hardpleks dengan diameter masing-masing 40 cm dan 20 cm menggunakan jangka.
2.      Gunting lingkaran yang telah dibuat tadi dengan rapi.
3.      Di dalam lingkaran besar, buatlah lingkaran kecil dengan diameter 20 cm kemudian tempelkan kertas putih untuk melapisinya.
4.      Lingkaran lainnya yang berdiameter 20 cm, atasnya dilapisi dengan kertas asturo berwarna merah yang telah diukur sebelumnya.
5.      Buatlah gambar enam bangun datar yang berbeda dengan kertas asturo yang berbeda warna. Bangun datar tersebut yaitu lingkaran, persegi, persegi panjang, segitiga, jajargenjang, dan trapesium.
6.      Lingkaran besar dibagi menjadi 6 bagian dengan besar sudut yang sama
7.      Tempelkan masing-masing bangun datar pada setiap bagian yang telah dibuat pada lingkaran besar.
8.      Tulislah masing-masing rumus luas dan keliling dari masing-masing bangun datar tadi pada lingkaran kecil berlapis putih yang berada di dalam lingkaran besar.
9.      Pada lingkaran kecil yang telah dilapisi kertas berwarna merah, buatlah dua lubang untuk menunjukkan rumus luas dan keliling yang telah ditulis pada lingkaran yang berlapis putih tadi. Pastikan sebelumnya diukur secara teliti agar setelah dipasangkan lubang tadi mengarah tepat pada rumus dan menunjukkan bangun datar yang sesuai dengan rumusnya.
10.  Setelah dipastikan semuanya pada posisi yang tepat, pasang lingkaran kecil yang berwarna merah tadi di atas linkaran besar dengan menggunakan paku payung yang dipasang tepat di tengah-tengah kedua lingkaran tersebut. Pastikan pemasangan kedua lingkaran tersebut tidak terlalu rapat sehingga memungkinkan lingkaran kecil mampu diputar-putar seperti piringan disc.

B.     Penggunaan Media
Magic disc matematika digunakan untuk membantu pembelajaran matematika materi bangun datar di kelas enam semester satu. Siswa kelas enam dirasa masih mengalami kesulitan dalam mengingat rumus beberapa bangun datar. Oleh karena itu kami membuat sebuah media dalam rangka membantu siswa dalam mengingat rumus beberapa bangun datar. Media ini berbentuk piringan disc yang dibuat semenarik mungkin dengan menampilkan gambar bangun datar disertai rumus luas dan kelilingnya. Saat siswa memutar bagian atas piringan disc, jika tanda panah mengarah pada salah satu gambar bangun datar maka secara otomatis rumus luas dan keliling dari bangun datar tersebut akan muncul. Dengan cara ini diharapkan siswa akan lebih mudah mengingat rumus bangun datar

C.     Perawatan Media
Sebagian besar bahan media ini menggunakan kertas yang sangat mudah rusak atau tidak tahan lama. Oleh karena itu, diharapkan media ini jangan sampai terkena air atau bahan cair lainnya. Selain itu, diharapkan dalam memutar piringan disc bagian atas jangan terlalu kencang karena pemasangan lingkaran kecil dengan lingkaran besar hanya menggunakan paku payung. Selanjutnya jika media terkena debu, cukup dibersihkan dengan lap kering dan hindarkan menggunakan lap basah

D.    Langkah kerja
Kegiatan awal
·         Guru mengucapkan salam dan memasuki ruang kelas.
·         Guru menanyakan apa ada siswa yang tidak masuk.
·         Guru melakukan apersepsi
Kegiatan inti
·         Guru mengingatkan kembali tentang bangun datar.
·         Guru menjelaskan menjelaskan salah satu bangun datar (trapesium).
·          Dengan menggunakan media guru menjelaskan rumus luas dan keliling trapesium.
Kegiatan akhir
·         Guru mengadakan refleksi mengenai proses belajar.
·         Guru meminta beberapa anak maju untuk menjawab pertanyaan yang dipilih menggunakan media
·         Siswa maju dan memilih soal menggunakan media kemudian menjawabnya.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar