Free Blue Glitter Busy Cursors at www.totallyfreecursors.com
Regiena Dwi Sinta (Ice^_^Red): RPP melalui gambar Bhs.Indonesia SD

Kamis, 22 Desember 2011

RPP melalui gambar Bhs.Indonesia SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester                     : V / 1 
Pertemuan                             : 1
Alokasi Waktu                       : 2 x 35 menit

             I.      Standar Kompetensi
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis.

          II.      Kompetensi Dasar
-          Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta peranannya.
-          Menggunakan tanda titik dua (:) dalam kalimat.

       III.      Indikator
1.      Menjelaskan dialog sederhana.
2.      Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.
3.      Menempatkan tanda titik dua (:) dalam kalimat.

       IV.      Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu menjelaskan mengenai dialog sederhana .
2.      Siswa mampu menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya sesuai gambar.
3.      Siswa mampu menempatkan tanda titik dua (:) dalam kalimat, khususnya dalam dialog atau percakapan.

          V.      Materi Pembelajaran
1.      Pengertian dialog atau percakapan
Dialog adalah percakapan dua tokoh atau lebih yang isinya membicarakan suatu masalah. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat dialog adalah :
a.       Tentukan masalah yang hendak dibicarakan atau isi pembicaraan,
b.      Tentukan pula tokoh-tokohnya,
c.       Bubuhkan tanda titik dua (:) setelah nama tokoh yang akan melakukan dialog.

2.      Penggunaan tanda titik dua (:) dalam kalimat
Ada beberapa penggunaan tanda titik dua (:) dalam setiap penulisan kalimat. Nah tahu kah kamu apa saja penggunaan tanda titik dua (:) dalam kallimat?
a.       Tanda titik dua digunakan sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan pemerian.
Contoh
1.      Ketua        : Faridudin S
2.      Sekretaris : Regiena DS
b.      Tanda titik dua digunakan di akhir suatu pernyataan lengkap jika diikuti rangkaian atau pemerian.
Contoh
1.      Kita sekarang memerlukan perabot rumah tangga : kursi, meja, dan lemari.
c.       Tanda titik dua digunakan untuk menulis teks drama, dialog, atau percakapan. Tanda itu ditulis setelah nama tokoh yang akan melakukan dialog atau percakapan.
Contoh
Herlina                        : Bud, kamu sekolah dimana?
Budi                : Di SD Siliwangi 1.

3.      Teks dialog berdasarkan gambar

Buatlah dialog sederhana berdasarkan tokoh yang ada pada gambar di bawah ini!


BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA!

A   : Toni kamu mau permen gak ?
B   : Wah Dina punya permen dari mana tuh? Aku mau dong satu!
A   : Ini aku diberi oleh kakak ku tadi siang. Ini buat kamu.
B   : Iya terimakasih Dina. (sambil membuang bungkus permen sembarangan)
A   : Eh Toni kok kamu buang sampah sembarangan sih?
B   : Oh iya aku lupa Dina.
A   : Kamu harus menjaga kebersihan yah! Buanglah sampah itu pada    tempatnya!
B   : Iya sekarang aku buang sampahnya ke tempat sampah yah. Terimakasih Dina!
A   : Nah begitu kan bagus. Sama-sama Toni.

       VI.      Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab
3.      Diskusi

    VII.      Kegiatan Belajar Mengajar
1.      Kegiatan Awal ( 5 menit )
a.       Berdo’a bersama
b.      Guru melakukan absensi terhadap siswa
c.       Guru melakukan apersepsi
2.      Kegiatan Inti ( 55 menit )
a.       Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang dialog sederhana dan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membuat dialog.
b.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan tanda titik dua (J
c.       Siswa memperhatikan guru dalam membuat dialog sederhana dari media gambar yang disediakan oleh guru
d.      Siswa ikut terlibat dalam pembuatan dialog tersebut
e.       Siswa melakukan anya jawab mengenai pembuatan dialog sederhana berdasarkan gambar
f.       Siswa membuat dialog sederhana berdasarkan gambar yang diberikan oleh guru, dan dikerjakan bersama teman sebangku ( 2 orang )
g.      Siswa mengumpulkan dialog yang telah dibuatnya kepada guru
h.      Salah satu perwakilan kelompok diminta guru untuk memperagakan dialog yang telah dibuatnya di depan kelas.
3.      Kegiatan Akhir ( 10 menit )
a.       Guru melakukan refleksi
b.      Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
c.       Guru menutup pelajaran.

 VIII.      Evaluasi
1.      Teknik
a.       Tes tertulis
2.      Instrument
Soal & Gambar
a.       Soal : Buatlah dialog sederhana antara dua tokoh ( bersama teman sebangkumu) berdasarkan gambar di bawah ini, dengan memperhatikan isi serta perannya dan penggunaan tanda titik dua (J !
b.      Gambar

SENJATA MAKAN TUAN




       IX.      Format penilaian
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai
Kesesuaian isi dialog dengan gambar
Ketepatan penggunaan tanda titik dua (:)
3
2
1
3
2
1

















Deskriptor:
a.       Aspek  Kesesuaian isi dialog dengan gambar
Skor 3, apabila isi dialog sesuai dengan tokoh dalam gambar ( 3-4 gambar ).
Skor 2, apabila isi dialog sesuai dengan tokoh dalam gambar ( 1-2 gambar ).
Skor 1, apabila isi dialog tidak sesuai dengan tokoh dalam semua gambar.
b.      Aspek Ketepatan penggunaan tanda titik dua (:)
Skor 3, apabila tanda titik dua (:) digunakan pada semua dialog.
Skor 2, apabila tanda titik dua (:) digunakan hanya pada sebagian dialog.
Skor 1, apabila tanda titik dua (:) tidak digunakan pada semua dialog.
Skor ideal = 12
Nilai =   X 100

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar